Pencarian Korban Terseret Arus Saat Memancing di Perairan Merak Belantung Kalianda Pada Hari Ke 2 Belum Membuahkan Hasil

WARTAPOLRI.COMLAMPUNG SELATANPencarian Abu Sahid (27), warga Sidomulyo yang terseret arus saat memancing di Perairan Merak Belantung Dusun Kanjuru Kec. Kalianda Kab. Lampung Selatan belum membuahkan hasil pada hari ke 2, Senin (01/04/2024).

 

Kejadian berawal pada hari Minggu (31/03) pukul 16.30 WIB korban sedang memancing di perairan Merak Belantung, tiba-tiba terseret arus dan hilang. Saksi yang melihat kejadian tersebut melapor ke Bapak Ruli (Kabid Damkar Lampung Selatan) dan meneruskan ke Basarnas Lampung untuk bantuan pencarian.

Berdasarkan arahan Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, tim Pos SAR Bakauheni langsung bergerak menuju lokasi kejadian dan melaksanakan operasi SAR. Tiba di Pantai Tapak Kera Lampung Selatan tim langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang berada di lokasi.

Kemudian tim melaksanakan pemantauan secara visual dan assessment di sekitar lokasi diduga korban terseret arus. Hasil pantauan sementara masih nihil dan dikarenakan kondisi angin yang cukup kencang, tim memutuskan untuk menghentikan pencarian sementara.

Pada Senin (01/04) pagi tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Lampung, Damkarmat Lampung Selatan, Babinsa Kalianda, Babinkamtibmas Kalianda, Polsek Kalianda, Babinkamtibmas Sidomulyo, Forum Rescue Relawan Lampung (FRRL) dan nelayan setempat memulai pencarian pukul 06.30 WIB. Tim dibagi menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit).

SRU I menggunakan perahu karet Basarnas melaksanakan pencarian hingga ke Pantai Marina atau radius 2 Nm(Nautical Mile). SRU II melaksanakan pencarian secara visual di bibir pantai sepanjang 2 km. Selain itu tim SAR Gabungan juga melakukan pemantauan menggunakan Drone Thermal namun belum terlihat tanda tanda korban.

Komandan Pos SAR Bakauheni Rezie Kuswara mewakili Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah menyatakan bahwa pencarian hari ke 2 dilaksanakan hingga pukul 17.30 WIB. “Pencarian hari ini Tim SAR Gabungan melaksanakan penyisiran menggunakan perahu karet sejauh 2 Nm. Selain itu tim darat menyisir sepanjang bibir pantai radius 3 km hingga Pantai Marina. Namun hasil pencarian masih nihil.”, ujar Rezie.

“Tim SAR Gabungan menghentikan sementara pencarian dan pencarian direncanakan akan dilanjutkan kembali pada Selasa (02/04) pagi.”, tutup Rezie.

Adapun data korban tenggelam bernama Abu Sahid (27) jenis kelamin laki laki merupakan warga Desa Banjar Suri Kec. Sidomulyo Kab. Lampung Selatan.

(Arief)

Mungkin Anda Menyukai